Minggu, 12 Oktober 2014

Harapan Bagi Perkembangan Telematika di Indonesia

Telematika sebenarnya memiliki arti yang cukup luas, definisi dari Istilah telematika merujuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.

Lebih jauh lagi istilah Telematika kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau (The Net). Dalam perkembangannya istilah Media dalam telematika berkembang menjadi wacana multimedia. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium adalah suatu ambiguitas jika istilah telematika dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), telematika, multimedia, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya. Referensi

Berdasarkan itu, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa telematika sebenarnya memiliki arti sebagai suatu sarana atau alat untuk menyampaikan dan atau menerima informasi melalui sebuah komunikasi yang terjadi baik secara searah maupun timbal balik.
Perkembangan telematika di saat sekarang ini sudah tumbuh dengan sangat sangat pesat dibandingkan dengan saat dulu. Jika dulu media untuk berkomunikasi hanya terbatas dengan beberapa device, sekarang ini hampir disegala lini kita dapat menemukan alat untuk saling bertukar informasi. Meledaknya penggunaan internet, smartphone, tablet PC dan juga GPS. Merupakan sedikit contoh dari besarnya perkembangan telematika.

Di Indonesia sendiri, perkembangan mengenai telematika ini terhitung sudah cukup baik. Khususnya di kota-kota besar dimana penggunaan alat-alat atau sarana untuk mendapatkan atau memberikan informasi ini sudah menjadi rutinitas. Namun itu tidak menutup kekurangan bahwa sebenarnya masih banyak hal yang harus dikejar guna mencapai perkembangan telematika yang lebih baik.
Harapan untuk perkembangan telematika di Indonesia sebenarnya dimulai dari hal yang paling mendasar, yaitu dengan dilakukannya pemerataan infrastruktur-infrastruktur yang menyangkut dengan perkembangan teknologi informatika di daerah-daerah yang masih belum tercapai. Seperti di kawasan Indonesia timur dan daerah-daerah pelosok terpencil lainnya. Hal ini harus dilakukan agar kesenjangan atau gap antara daerah yang sudah maju dengan daerah yang sedang berkembang ataupun masih terpencil tidak terlampau jauh.
Tujuannya juga agar akses informasi dapat berjalan dengan baik dan jelas. Selain itu, dengan meratanya akses teknologi informasi ini juga dapat membantu meningkatkan dan mendukung sektor perekonomian dari industri kreatif masyarakat di daerah-daerah dengan peningkatan sistem informasi masyarakat.

Kemudian harapan selanjutnya dengan perkembangan telematika ini adalah pemasyarakatan penggunaan software-software yang bersifat open source. Hal ini bertujuan agar seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan software yang legal dan juga terjangkau, sehingga dapat meningkatkan pengembangan IT di Indonesia agar mampu bersaing dalam dunia teknologi informasi global.

Hal lain yang diharapkan kedepannya adalah adanya peningkatan atau perbaikan penerapan hukum mengenai  UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik). Dengan adanya penerapan dan perbaikan ini, diharapkan masyarakat telematika Indonesia lebih sadar dan waspada terhadap bahaya atau resiko-resiko yang akan muncul dalam penggunaan teknologi informasi yang digunakan.


Demikian beberapa harapan mengenai perkembangan telematika di Indonesia. Semoga semuanya dapat terealisasikan dengan segera demi mencapai kebaikan ataupun keuntungan bagi masyarakat dan juga negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar