Sabtu, 12 Januari 2013

Sekilas Tentang Maroon 5

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang salah satu band favorit saya, yaitu Maroon 5. Band yang berasal dari L.A Amerika Serikat ini awalnya berdiri dari sekumpulan anak SMA, dan diberi nama Kara's Flowers. Kara's Flowers terdiri dari 4 orang, yaitu : Adam Levine, Jesse Charmichael, Mickey Madden, dan Ryan Dussick. 

Mereka berempat terus bermusik hingga lulus SMA, dan sempat membuat satu album dengan judul "The Fourth World" pada tahun 1997. Album yang mereka rilis berempat ini kurang laku di pasaran hingga pada akhirnya di tahun 2000, seorang gitaris yang juga teman dari vokalis Adam Levine yaitu James Valentine bergabung bersama mereka dan membentuk sebuah band dengan nama baru yaitu Maroon 5
Maroon 5

Nah, dari sinilah awalnya kisah kesuksesan mereka dimulai. Pada tahun 2002 mereka meluncurkan album debut mereka yang diberi titel "Songs About Jane" pada bulan Juni. Album yang berisi 12 buah lagu ini diciptakan berdasarkan pengalaman Adam Levine sang vokalis dengan mantan pacarnya yang bernama Jane. Beberapa lagu dalam album ini mampu booming seperti lagu "This Love" dan "She Will Beloved" . Dari album
ini mereka berhasil mendapatkan gelar Platinum untuk penjualan album mereka, dan mendapatkan penghargaan dari Grammy Awards untuk kategori New Best Artist pada tahun 2005.

Lalu pada tahun 2006, mereka kehilangan satu personil, Ryan Dussick yang mengisi posisi drum mengalami cedera tangan dan digantikan oleh personil baru bernama Matt Flynn. Kemudian di awal 2007, mereka meluncurkan album kedua mereka yang berjudul "It Won't Be Soon Before Long" dengan lagu andalan mereka "Makes Me Wonder" yang menjadi lagu pemuncak di tangga lagu Billboard 100. 

Dalam promosi album mereka yang ini, mereka mengadakan tur keliling dunia dan ditemani oleh beberapa artis musisi lainnya seperti Dashboard Confessional, Sara Bareilles, One Republic, dan Rihanna yang juga berduet dengan Maroon 5 dalam salah satu lagu di album kedua ini. 

Dan di tahun 2010, mereka mengeluarkan album ketiga mereka yang berjudul "Hands All Over" pada september 2010. Album yang direkam di Swiss ini menghasilkan 13 lagu dengan beberapa lagu hits seperti "Misery", "Moves Like Jagger" , "Give A Little More", "Never Gonna Leave This Bed". Adam Levine mengatakan bahwa mereka telah mencapai puncak karir mereka dan mungkin akan mengeluarkan satu album lagi sebelum merka bubar. Hal ini membuat fans mereka di seluruh dunia cemas, apakah perkataan Levine ini akan menjadi kenyataan.
Dan di tahun 2012 ini, mereka mengeluarkan album studio keempat mereka dengan judul "Overexposed". Lagu yang pertama mereka rilis adalah "Payphone", lagu yang dinyanyikan dengan seorang rapper yaitu Wiz Khallifa. kemudian lagu kedua mereka yang dilempar ke pasaran adalah "One More Night". Banyak pengamat musik yang mengatakan bahwa Maroon 5 terlalu cepat mengeluarkan hits ini karena waktunya berdekatan dengan pelucuran lagu "Payphone". Namun, keberhasilan lagu "One More Night" yang mampu menduduki tangga teratas Billboard 100 selama 9 minggu berturut - turut mengalahkan lagu fenomenal milik PSY yaitu "Gangnam Style" dan Lagu "Call Me Maybe" milik Carly Rae Japsen membuat pengamat musik percaya bahwa band ini tidak salah.

Adam Levine sendiri mengatakan bahwa dalam album keempat mereka ini sangat kaya dan sangat variatif dengan musik. masuknya dua orang yang membantu pembuatan album ini yaitu PJ Morton dan Sam Farrar sangat membantu memperkaya variasi musik mereka di album ini. Begitu banyak banyak artis yang terlibat dalam pembuatan keempat album mereka selama ini, diantaranya Wiz Khallifa, Rihanna, Christina Aguileira, dan banyak lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar